Tranformasi ilmu Engineer

IMG_20151022_131338Peralatan Penunjang System BAS

Berdasarkan mekanisme sistem dibagi menjadi tiga  bagian yaitu PC Server dan PC Klien sebagai perintah semua program Logic dan Grafik tersimpan, jalur jaringan ke Swicth Hub pakai kabel LAN ke LGR 25 yang didalamnya sudah terprogram (Stay alone) bila Server Down sistem masih operasi sesuai jadwal yang sudah terprogram untuk menjalankan Sistem Otomatisasi buat penerangan danTata udara yang sudah terjadwal dari PC Server.

              I  Analisa Masukan(Input)  dan Keluaran(Output)

  1. PC Server dan PC Klien

PC Server dan PC Klien ini yang di tempatkan pada ruang kendali pusat untuk monitoring keseluruhan sistem AC dan Lampu pada Gedung. Mengendalikan seluruh point – point dan menyimpan informasi untuk dievaluasi.

2.   Perangkat LGR.25

Perangkat LGR 25  terdiri dari 4 unit, 2 Unit  LGR 25 untuk monitoring perangkat sistem  dilokasi yang berbeda yang digunakan untuk Sistem AC dan Lampu penerangan dlokasi koridor seluruh lantai gedung Tower A dan Tower B  dan 2 LGR 25 untuk monitoring masukan Daya dan Tegangan  (Power Meter)  dari PLN dan  Penerangan  diarea parkir LT.1 sampai LT.9 dan area B1 dan B2 dan monitoring sirkulasi pembuangan air kotor (Sumpit System ) dan sistem air bersih untuk kebutuan pemakain air bersih di seluruh lantai gedung.

3.   DDC (Digital Direct Control)

Perangkat ini merupakan perangkat masukan yang menerima respon langsung dari operator (Pemakai) dan berasal dari lokal site (tempat). Masukan ini dapat berfungsi untuk mengaktifkan dan menon-aktifkan sistem . Perangkat ini merupakan masukan yang menerima respon langsung dari user (Pemakai) atau User yang diberikan izin untuk log in (masuk) dan berasal dari remote site  (Jarak Jauh). Masukan ini dapat berfungsi untuk mengaktifkan dan menon-aktifkan sistem atau perangkat lokal yang diatur oleh sistem dan juga melakuman perubahan – perubahan yang diperlukan pada sistem (misalnya perubahan nilai setpoint).

Perangkat ini merupakan perangkat keluaran (Output) yang menerima respon langsung dari controller dan terdapat di lokal site  (tempat). Perangkat keluaran ini dapat berupa mesin Chiller. AHU, Motor Listrik. Dan perangkat – perangkat yang membutuhkan catu daya sebagai penggerak.

Perangkat ini merupakan keluaran (Output)  yang menerima respon langsung dari controller dan terdapat dilokal Site. Perangkat keluaran ini berfungsi sebagai indikasi yang menunjukan kondisi operasi terakhir (real time) dari suatu perangkat lokal.

Peralatan kontrol yang digunakan adalah satu set perangkat BAS dari Produsen Jonhson Control  Antara lain terdiri dari : Jonhson Control Automatic Logic LGR 25 Controller, Modul – Modul I/O DDC.

Sistem BAS(Building Automatic System)

Leave a comment